Tips Wisata ke Bromo Mudah dan Lengkap

Buat Anda yang ingin liburan ke Gunung Bromo, kami sarankan untuk membaca tips wisata ke Bromo terlebih dahulu untuk mempermudah perjalanan Anda ke Gunung Bromo.

Berikut ini adalah tips lengkapnya mulai untuk backpacker sampai dengan menggunakan paket tour.

Tips Liburan ke Gunung Bromo dari Jakarta.

Jika tidak ingin mengeluarkan biaya yang cukup banyak dan ingin berhemat bisa memesan tiket pesawat Jakarta-Surabaya pada waktu promo atau waktu sedang murah. Ada baiknya jika sebelum Anda berangkat ke Surabaya sudah booking paket tour Bromo terlebih dahulu supaya pihak Tour and Travel dapat memesankan Anda hotel dan alat transportasi untuk Anda gunakan liburan. Setelah Anda sampai di Kota Surabaya akan dijemput oleh team penyedia jasa Tour and Travel dan diantarkan untuk menuju Gunung Bromo. Selanjutnya Anda bisa istirahat sebelum sampai di Gunung Bromo kawasan Cemoro Lawang.

Setelah Anda sampai di Cemoro Lawang, Jeep Bromo akan mengantarkan Anda untuk liburan menuju 4 lokasi wisata yang ada di Gunung Bromo mulai dari yang pertama melihat Sunrise di Penanjakan, Kawah Gunung Bromo, Padang Savana Teletubbies di Bromo, Pasir Berbisik Gunung Bromo. Setelah Tour Anda selesai maka Jeep Bromo akan mengantarkan Anda kembali ke kawasan Cemoro Lawang dan team kami sudah menunggu disitu untuk mengantarkan Anda kembali ke Bandara/Stasiun/Terminal/Hotel di kawasan sekitar Surabaya. Setelah itu Tour ke Bromo Sudah Selesai.

Tips Liburan ke Gunung Bromo dari Yogyakarta.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum untuk liburan ke Gunung Bromo jika dari Yogyakarta. Jika menggunakan kendaraan pribadi seperti Mobil / Motor dari Jogja ke Bromo membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 13 jam perjalanan. Jika Anda menggunakan transportasi umum seperti pesawat / kereta / bus, mau tidak mau Anda harus mencari rental mobil untuk mengantarkan Anda sampai ke Gunung Bromo kawasan Cemoro Lawang.

Setelah Anda sampai di Cemoro Lawang harus menyewa Jeep Bromo untuk mengantarkan Anda tour ke kawasan wisata yang ada di Gunung Bromo. Tanpa bantuan jasa Tour and Travel, Anda akan mendapatkan harga sewa Jeep Bromo yang mahal begitu pula jika Anda ingin menginap di Hotel yang ada di kawasan Bromo akan mendapatkan harga yang mahal tanpa jasa Tour and Travel. Tidak percaya ? silahkan Anda coba sendiri dan rasakan sendiri liburan ke Gunung Bromo tanpa jasa Tour and Travel. Untuk yang suka Backpacker saya rasa tidak akan menjadi masalah yang besar karena memiliki banyak waktu untuk melancong. Trip lainnya sudah saya tuliskan diatas.

Tips Liburan ke Gunung Bromo dari Bandung.

Banyak pilihan jika Anda ingin liburan ke Gunung Bromo dari Bandung bisa menggunakan pesawat / kereta api / bus jika jumlah peserta sedikit. Bisa juga menggunakan bus pariwisata jika jumlah peserta banyak, blog.bromoexecutive.com ada rekomendasi paket wisata Bromo murah untuk Anda yang ingin liburan ke Gunung Bromo menggunakan bus Pariwisata. Jika Anda menggunakan alat transportasi umum ada baiknya jika memesan paket wisata Bromo. Trip lainnya kurang lebih sama seperti yang sudah saya tulis diatas jika Anda sudah sampai di kawasan kota Surabaya dan sekitarnya.

Tips Liburan ke Gunung Bromo dari Surabaya.

Ini sangat mudah sekali dan Anda memiliki banyak pilihan, menggunakan kendaraan pribadi dari Surabaya ke Bromo kurang lebih memakan waktu 4 jam perjalanan. Selebihnya dapat Anda baca trip saya yang paling atas yaitu Tips Liburan ke Gunung Bromo dari Jakarta.

Tips Liburan ke Gunung Bromo dari Semarang.

Karena kota Semarang letaknya tidak jauh dari Yogyakarta, saya rasa tidak akan jauh berbeda dengan Tips Liburan ke Gunung Bromo dari Yogyakarta.

Tips wisata ke Gunung Bromo

Rencanakan Liburan Anda jauh-jauh hari dengan memilih waktu yang tepat.
Ada baiknya jika Anda memilih waktu musim kemarau karena pada waktu tersebut memungkinkan Anda untuk bisa menyaksikan matahari terbit yang lebih indah. Pada waktu musim hujan seringkali awan tebal akan menutupi matahari terbit dan karena hal tersebut Anda tidak akan dapat melihat matahari terbit yang bulat kemerahan.

Persiapkan fisik Anda Sebelum keberangkatan.
Meski Gunung Bromo bukan tempat wisata adventure yang sangat ekstrem seperti mendaki gunung yang begitu tinggi, akan tetapi ada baiknya jika Anda melakukan persiapan fisik untuk menghadapi cuaca dan suhu udara yang sangat dingin dan juga untuk menaiki kawa Gunung Bromo yang berjumlah sekitar 250 anak tangga untuk dapat melihat kawah Bromo. Dengan kondisi yang fit, tubuh Anda pasto tidak akan mudah drop ketika menghadapi perubahan cuaca. Terlebih lagi jika Anda menggunakan sepeda motor, kondisi tubuh yang bagus merupakan suatu keharusan.

Pesanlah akomodasi wisata jauh-jauh hari sebelum Anda berangkat.
Jika Anda ingin menginap di hotel yang ada di Bromo, memesan hotel/penginapan jauh-jauh hari adalah tindakan yang tepat, terlebih lagi jika Anda ingin liburan ke Gunung Bromo pada waktu akhir pekan. Selain tempat singgah / penginapan / hotel, Anda juga harus memesan Jeep Bromo (mobil off road yang digunakan untuk mengeksplorasi Gunung Bromo). Memesan Jeep Bromo pada waktu Anda baru sampai di lokasi wisata Bromo akan merepotkan Anda, selain itu harga Jeep Bromo juga akan naik dan menjadi jauh lebih mahal.

Mempersiapkan perlengkapan pribadi sebelum liburan ke Bromo.
Beberapa perlengkapan yang harus Anda bawa dan persiapkan antara lain sebagai berikut :

  • Jaket tebal, syal, kaos kaki, sepatu dan sarung tangan untuk mengurangi rasa dingin yang akan Anda rasakan di puncak Gunung Bromo.
  • Membawa baju dan celana untuk ganti. Walaupun Anda hanya berencana melakukan perjalanan hanya sehari, ada baiknya jika Anda membawa pakaian untuk ganti. Baju yang kotor karena debu pasir di Gunung Bromo akan membuat Anda merasa kurang nyaman pada waktu perjalanan pulang.
  • Membawa masker untuk penutup mulut dan hidung yang pasti akan berguna sewaktu Anda mendaki kawah Bromo. Lokasinya yang berpasir dan berdebu pasti akan sangat mengganggu Anda jika tidak menggunakan masker.
  • Topi yang mirip dengan punya Ratu Ellisabeth juga akan cukup membantu untuk menutupi wajah Anda dari teriknya sinar matahari. Penggunaan Sun block juga bisa sedikit mengurangi kulit yang terbakar.
  • Membawa Kamera, tripod, juga bawa baterai cadangan, memory card kapasitas besar juga akan dibutuhkan. Pemandangan yang indah dan mempesona akan membuat Anda untuk tidak merasa bosan menjepret kiri dan kanan, depan dan belakang karena kemanapun kedua mata Anda memandang akan melihat pemandangan yang luar biasa. Jangan sampai baterai kamera Anda habis di tengah perjalanan atau memory Anda sudah penuh sehingga Anda akan melewatkan pemandangan indah lainnya dari jepretan kamera Anda.
  • Membawa makanan ringan, minuman, dan camilan lainnya juga cukup membantu. Menunggu terbitnya sang matahari sambil duduk dan bercanda ria bersama dengan rekan-rekan Anda sambil menikmati makanan camilan dan minuman hangat dapat sedikit membuat Anda merasa tidak terlalu kedinginan pada waktu di Penanjakan.

Sekian tips wisata ke Gunung Bromo yang admin Bromo Executive sadur dari Yoshiwafa.com dan semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin liburan ke Bromo.

Sumber : Tips wisata ke Gunung Bromo

Leave a Comment